LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN LOKASI SMA NEGERI 1 DEPOK

YUSRINA IMANIAR HASYYATI, YUSRINA IMANIAR HASYYATI (2015) LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN LOKASI SMA NEGERI 1 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
41.cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
40.daftar isi dkk.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
39.BAB 1-3.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktik pengalaman lapangan merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan guna mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di Universitas dan berusaha mengembangkan inovasi pembelajaran mahasiswa di lokasi PPL. Kegiatan praktik pengalaman lapangan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran dan praktik persekolahan. Adapun tujuan dari praktik pengalaman lapangan ini diantaranya untuk melatih para calon guru agar kelak dapat menjadi guru yang profesional di bidangnya. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA N 1 Depok meliputi kegiatan praktik pembelajaran di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2015. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas bertujuan agar mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran Bahasa Perancis kelas XI IPA 2, XI IPS 1 dan XI IPS 3 Tahun pelajaran 2015/2016. Sementara kegiatan praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran formal. Kegiatan ini meliputi piket m en j a g a r u a n g p i k et d a n ad m i n i s t r a s i p e r p u s t a k aa n . Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 14 kali pertemuan, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMA N 1 Depok rata-rata mempunyai rasa ingin tahu yang besar terhadap berbagai hal yang mendukung dalam pembelajaran. Siswa juga bisa berperan aktif dalam setiap pembelajaran, vii seperti mampu mengutarakan pendapatnya sendiri terkait dengan pembelajaran, bisa berdiskusi dengan baik, dan lain sebagainya. Dalam rangka mewujudkan output yang baik dari segi IQ, EQ, dan SQ, pihak sekolah menjalankan peranannya sebagai lembaga pendidikan secara professional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, s a l i n g m e n g h a r g a i , melengkapi sarana dan prasarana dan tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:36
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36950

Actions (login required)

View Item View Item