UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SOROBAYAN SANDEN BANTUL

Santosa, Dwi (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JAWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SOROBAYAN SANDEN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dwi Santosa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa melalui model pembelajaran bermain peran di kelas V SD Negeri Sorobayan Sanden Bantul Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sorobayan Sanden Bantul yang berjumlah 31 siswa. Objek penelitiannya adalah keterampilan berbicara bahasa Jawa. Desain penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus ada empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi (pengamatan) dan penilaian keterampilan berbicara bahasa Jawa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan dekriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa siswa kelas V SD Negeri Sorobayan Sanden Bantul. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil pretest, posttest siklus I, dan posttest siklus II. Nilai rata-rata hasil pretest sebesar 68,79 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 58,06%, meningkat menjadi 79,17 dengan persentase ketuntasan 74,07% pada posttest siklus I. Pada posttest siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 81,85 dengan persentase ketuntasan 83,87%. Kata Kunci: keterampilan berbicara, bahasa Jawa, pembelajaran bermain peran, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:37
Last Modified: 30 Jan 2019 09:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36948

Actions (login required)

View Item View Item