LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK

DEWI RETNO WULANDARI, DEWI RETNO WULANDARI (2015) LAPORAN INDIVIDU PENGALAMAN PRAKTIK LAPANGAN SMA NEGERI 1 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
pendahuluan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - Bab 3.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan kependidikan guna melatih keterampilan kependidikan yang diperoleh melalui perkuliahan di universitas dan mengembangkan suatu inovasi dalam proses pembelajaran di lokasi PPL. Dengan dilaksanakannya kegiatan PPL ini, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, karena salah satu tujuan dari praktik pengalaman lapangan adalah untuk melatih para calon guru agar kelak dapat menjadi guru yang profesional di bidang yang ditekuni. Kegiatan praktik pengalaman lapangan yang dilakukan di SMA N 1 Depok meliputi kegiatan praktik pembelajaran di kelas dan praktik persekolahan. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas mulai dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2015. Kegiatan praktik pembelajaran di kelas bertujuan agar mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman mengajar. Pada kesempatan ini praktikan mengajar mata pelajaran Bahasa Perancis kelas XD, XB, XII IPA 2, XII IPA 4, XII IPS 1 dan XII IPS 4 Tahun pelajaran 2015/2016. Sementara kegiatan praktik persekolahan bertujuan agar mahasiswa praktikan mampu mengenal manajemen sekolah dan melakukan kegiatan di luar pembelajaran formal. Kegiatan ini meliputi piket menjaga ruang piket dan administrasi perpustakaan. Setelah melaksanakan praktik mengajar sebanyak 33 kali pertemuan, maka didapatkan hasil bahwa siswa SMA N 1 Depok merupakan siswa yang sangat aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap pengetahuanpengetahuan baru. Keaktivan dan rasa ingin tahu yang dimiliki siswa tersebut dapat diketahui dari sikap siswa yang mau mengutarakan pendapatnya sendiri dan bertanya hal yang kurang atau belum mereka pahami. Dalam rangka mewujudkan output yang baik dari segi IQ, EQ, dan SQ, pihak sekolah menjalankan peranannya sebagai lembaga pendidikan secara professional seperti konsolidasi kegiatan belajar mengajar, menjalin hubungan antar personal, saling menghargai, melengkapi sarana dan prasarana dan tertib administrasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:28
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36945

Actions (login required)

View Item View Item