HUBUNGAN ANTARA KETAATAN TERHADAP PERATURAN BARIS BERBARIS DALAM KEGIATAN PRAMUKA DENGAN DISIPLIN SISWA KELAS V SD SE GUGUS SUMBING KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG

Kustanti, Niken (2016) HUBUNGAN ANTARA KETAATAN TERHADAP PERATURAN BARIS BERBARIS DALAM KEGIATAN PRAMUKA DENGAN DISIPLIN SISWA KELAS V SD SE GUGUS SUMBING KECAMATAN PAKIS KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Niken Kustanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan temuan di lapangan mengenai disiplin siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara ketaatan dalam Peraturan Baris Berbaris dalam kegiatan Pramuka dengan disiplin siswa kelas V SD se-gugus Sumbing, Kecamatan Pakis. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif expost facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar di SD Se-gugus Sumbing, Kecamatan Pakis yang berjumlah 112 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah skala. Instrumen penelitian ini adalah skala yang digunakan untuk mengukur disiplin siswa dan ketaatan terhadap Peraturan Baris Berbaris dalam kegiatan Pramuka. Validasi instrumen dilakukan dengan validitas konstruk dan validitas isi. Untuk variabel Ketaatan terhadap Peraturan Baris Berbaris dalam kegiatan Pramuka terdapat 24 item valid, dan variabel disiplin 48 item valid. Uji reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Reliabilitas Alpha Cronbach dengan r sebesar 0,837>0,700 yang berarti reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji linieritas dan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara ketaatan terhadap Peraturan Baris Berbaris dalam kegiatan Pramuka dengan disiplin siswa. Hubungan yang positif berarti semakin tinggi tingkat ketaatan siswa terhadap Peraturan Baris Berbaris dalam kegiatan Pramuka maka semakin tinggi pula disiplin siswa. Kata kunci: Ketaatan terhadap Peraturan Baris Berbaris dalam kegiatan Pramuka, disiplin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:28
Last Modified: 30 Jan 2019 09:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36944

Actions (login required)

View Item View Item