PENGARUH EKSPERIMEN IPA BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN WILADEG KECAMATAN KARANGMOJO

Putri, Yuli Indarti Setia (2016) PENGARUH EKSPERIMEN IPA BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN WILADEG KECAMATAN KARANGMOJO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Yuli Indarti Setia Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh eksperimen IPA berbasis lingkungan terhadap hasil belajar domain kognitif siswa kelas V SDN Wiladeg Kecamatan Karangmojo.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya praktik dan interaksi langsung siswa dengan lingkungan dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen bentuk quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan tanggal 12 April-10 Mei 2016.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wiladeg. Sampel ditentukan dengan menggunakan undian terpilih 21 siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji t-testdilakukan untuk memperkuat perbandingan peningkatan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol dengan melakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mean kelompok eksperimen yaitu 87,381 dengan peningkatan hasil belajar 16,405, sedangkan mean kelompok kontrol 73,275 dengan peningkatan hasil belajar 1,5. Hasil ujit-testskor peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung 6,795, dinyatakan nilai thitung> ttabel (6,795 > 2,023).Disimpulkan bahwa ada pengaruheksperimen IPA berbasis lingkungan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Wiladeg Kecamatan Karangmojo. Kata kunci: eksperimen IPA berbasis lingkungan, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:25
Last Modified: 30 Jan 2019 09:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36942

Actions (login required)

View Item View Item