LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 DI SMA NEGERI 1 DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA

ANGGRAENI WULANDARI, ANGGRAENI WULANDARI (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015 DI SMA NEGERI 1 DEPOK, SLEMAN YOGYAKARTA. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
isi lengkap.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa UNY yang mengambil jalur kependidikan. Tujuan dari PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam memperoleh pengalaman faktual tentang proses pembelajaran, mengembangkan kompetensi keguruan/ kependidikan dan mengetahui secara langsung proses kegiatan belajar mengajar di sekolah, mengenalkan mahasiswa kepada lembaga kependidikan yang sebenarnya sehingga dapat megetahui segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran, selain itu diharapkan mahasiswa dapat memeperoleh bekal pengalaman dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja di dunia pendidikan. Program PPL di SMA Negeri 1 Depok, dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Praktikan diterjunkan untuk mengajar di 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Dalam pelaksanaan PPL ini praktikan melaksanakan berbagai program kegiatan baik yang bersifat kelompok maupun individu. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya sebagi seorang calon pendidik serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMA Negeri 1 Depok meliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing. Bimbingan juga dalam hal pembuatan perangkat pembelajaran RPP, silabus serta perangkat evaluasi. Praktikan juga berperan dalam kegiatan persekolahan lainnya seperti piket harian, membantu administrasi supervisi, membantu kegiatan ekstrakurikuler, dan lain-lain. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA N 1 Depok pada bulan AgustusSeptember dapat di ambil makna bahwa praktik pengalaman lapangan merupakan wahana yang tepat bagi mahasiswa calon guru untuk dapat mempraktikkan ilmu yang didapat dari kampus. Kegiatan praktik pengalaman lapangan dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman yang faktual sebagai bekal untuk menjadi tenaga kependidikan yang kompeten dalam bidang masing-masing. Praktik pengalaman lapangan merupakan pengembangan dari empat kompetensi bagi praktikkan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial. Praktik persekolahan merupakan pengalaman menambah bekal bagi calon guru diluar tugas mengajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL , mengajar, pendidik
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:21
Last Modified: 21 Jul 2016 08:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36939

Actions (login required)

View Item View Item