LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Efi Wijayanti, Efi Wijayanti (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
01 coverrr.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 PENGESAHAN.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 daftar isi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 ABSTRAK.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 BAB II.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 BAB III.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil jalur kependidikan. Tujuan mata kuliah PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam memperoleh pengalaman faktual mengenai proses pembelajaran, mengembangkan kompetensi keguruan/kependidikan dan mengetahui secara langsung proses kegiatan belajarmengajar di sekolah. Selain itu, mata kuliah PPL juga bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa kepada lembaga kependidikan yang sebenarnya sehingga dapat megetahui segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran. Mata kuliah PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa memperoleh dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja di dunia pendidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melaksanakan berbagai program kegiatan, terutama yang bersifat individu. PPL bermanfaat untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan, pengetahuan dan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan memperoleh pengalaman secara langsung sebagai calon pendidik yang berkualitas. Program PPL di SMA Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Depok meliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Adapun mahasiswa diterjunkan untuk mengajar di kelas X-A, X-B dan X-C. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas, mahasiswa dibimbing oleh guru pembimbing secara langsung. Mahasiswa juga dibimbing dalam proses pembuatan administrasi guru (prota dan prosem), perangkat pembelajaran RPP, silabus dan perangkat evaluasi. Sementara dalam kegiatan praktik persekolahan, mahasiswa melaksanakan piket, membantu kegiatan MGMP, membantu kegiatan tata usaha, membantu seleksi calon peserta bimbingan olimpiade kimia dan sebagainya. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA N 1 Depok pada bulan AgustusSeptember dapat disimpulkan bahwa PPL merupakan wadah bagi mahasiswa jalur kependidikan untuk mempraktikkan ilmu yang diperoleh di perkuliahan. Selain itu, kegiatan PPL merupakan sarana untuk memperoleh pengalaman yang faktual untuk bekal sebagai tenaga kependidikan yang kompeten di bidang masing-masing. PPL juga merupakan cara untuk mengembangkan empat kompetensi pendidik bagi mahasiswa, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Adapun praktik persekolahan merupakan pengalaman yang dapat menambah bekal berharga bagi mahasiswa di luar kegiatan mengajar.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMA, guru profesional
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:13
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36935

Actions (login required)

View Item View Item