Efi Wijayanti, Efi Wijayanti (2015) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
01 coverrr.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
02 PENGESAHAN.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
04 daftar isi.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
05 ABSTRAK.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
06 BAB I.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
07 BAB II.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
08 BAB III.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang mengambil jalur kependidikan. Tujuan mata kuliah PPL ini adalah untuk melatih mahasiswa dalam memperoleh pengalaman faktual mengenai proses pembelajaran, mengembangkan kompetensi keguruan/kependidikan dan mengetahui secara langsung proses kegiatan belajarmengajar di sekolah. Selain itu, mata kuliah PPL juga bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa kepada lembaga kependidikan yang sebenarnya sehingga dapat megetahui segenap permasalahan yang terkait dengan proses pembelajaran. Mata kuliah PPL diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa memperoleh dalam rangka meningkatkan profesionalitas kerja di dunia pendidikan. Dalam pelaksanaan PPL, mahasiswa melaksanakan berbagai program kegiatan, terutama yang bersifat individu. PPL bermanfaat untuk melatih mahasiswa dalam menerapkan kemampuan, pengetahuan dan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan memperoleh pengalaman secara langsung sebagai calon pendidik yang berkualitas. Program PPL di SMA Negeri 1 Depok, Sleman, Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015. Kegiatan PPL di SMA Negeri 1 Depok meliputi kegiatan mengajar di kelas dan praktik persekolahan. Adapun mahasiswa diterjunkan untuk mengajar di kelas X-A, X-B dan X-C. Dalam kegiatan praktik mengajar di kelas, mahasiswa dibimbing oleh guru pembimbing secara langsung. Mahasiswa juga dibimbing dalam proses pembuatan administrasi guru (prota dan prosem), perangkat pembelajaran RPP, silabus dan perangkat evaluasi. Sementara dalam kegiatan praktik persekolahan, mahasiswa melaksanakan piket, membantu kegiatan MGMP, membantu kegiatan tata usaha, membantu seleksi calon peserta bimbingan olimpiade kimia dan sebagainya. Dari serangkaian kegiatan PPL di SMA N 1 Depok pada bulan AgustusSeptember dapat disimpulkan bahwa PPL merupakan wadah bagi mahasiswa jalur kependidikan untuk mempraktikkan ilmu yang diperoleh di perkuliahan. Selain itu, kegiatan PPL merupakan sarana untuk memperoleh pengalaman yang faktual untuk bekal sebagai tenaga kependidikan yang kompeten di bidang masing-masing. PPL juga merupakan cara untuk mengembangkan empat kompetensi pendidik bagi mahasiswa, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial. Adapun praktik persekolahan merupakan pengalaman yang dapat menambah bekal berharga bagi mahasiswa di luar kegiatan mengajar.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, SMA, guru profesional |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 21 Jul 2016 08:13 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |