FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS XI SMA SE-KECAMATAN PAKEM

Andry Ferdian (2016) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS XI SMA SE-KECAMATAN PAKEM. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANDRY 2016.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Selama ini pemanfaatan faktor-faktor pendukung pembelajaran permainan bolabasket di SMA se-Kecamatan Pakem belum optimal, padahal sekolah memiliki faktor-faktor tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor-faktor pendukung pembelajaran permainan bolabasket di SMA se-Kecamatan Pakem. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas instrumen diuji menggunakan korelasi momen tangkar, sedangkan reliabilitas instrumen diuji menggunakan Alpha Cronbach. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa validitas instrumen mempunyai koefisien korelasi paling rendah -0,34 dan koefisien korelasi paling tinggi 0,801; sedangkan koefisien Alpha Cronbach reliabilitas untuk indikator jasmani yaitu 0,780, indikator psikologi siswa 0,910, indikator guru 0,814, indikator sarana dan prasarana 0,638, serta indikator lingkungan sekolah 0,389. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik dengan persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA se-Kecamatan Pakem yang berjumlah 212 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi dari faktor internal pendukung pembelajaran permainan bolabasket siswa kelas XI SMA seKecamatan Pakem sebesar 54,23%, sedangkan kontribusi dari faktor eksternal sebesar 45,77%. Dari hasil tersebut, secara lebih rinci kontribusi dari masingmasing indikator menunjukkan indikator jasmani siswa sebesar 18,57%, indikator psikologi siswa sebesar 35,66%, indikator guru sebesar 24,20%, indikator sarana dan prasarana sebesar 17,31%, serta indikator lingkungan sekolah sebesar 4,26%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: siswa, bolabasket, pendukung
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36930

Actions (login required)

View Item View Item