LAPORAN AKHIR PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN YOGYAKARTA DESA PURWOMARTANI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN

Friska Zana Mustika, Friska Zana Mustika (2015) LAPORAN AKHIR PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN BALAI BESAR PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KESEJAHTERAAN YOGYAKARTA DESA PURWOMARTANI KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN FRISKA.pdf

Download (952kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2015 berlokasi di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial dilaksanakan mulai dari proses penerjunan pada tanggal 11 Agustus 2015 sampai penarikan pada tanggal 11 September 2015. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)merupakan wahana bagi seorang calon pendidik dan tenaga kependidikan untuk memperoleh pengalaman dan memiliki bekal yang cukup dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Pendidikan Luar Sekolah (PLS)adalah jurusan yang menghasilkan tenaga akademis yang dituntut mampu mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan masyarakat, mendesain, mengelola, mengembangkan, mengevaluasi serta mengendalikan mutu program. Oleh karena itu, salah satu kegiatan PPL PLS relevan dengan program yang ada di BBPKS. Seperti program setting lembaga dan setting masyarakat yang ada di bidang Instalasi Laboratorium Pekerja Sosial. Selain itu, adanya program di bidang penyelenggara diklat yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki mahasiswa PLS. Berdasarkan kompetensi mahasiswa PLS dan program yang ada di instalasi laboratorium pekerja sosial maka mahasiswa melakukan kegiatan desain bimbingan teknis untuk program Setting Masyarakat. Kegiatan tersebut diawali dengan pelaksanaan Training Need Assesment (TNA) di SDN Bokoharjo, Prambanan. Setelah diperoleh data dari kegiatan TNA dilakukan analisis terhadap masalah, sumber dan potensi. Sehingga dari analisis dapat diketahui kebutuhan dari masing – masing lokasi. Dengan demikian, mahasiswa merancang desain kurikulum dari hasil analisis kebutuhan untuk menjadi pedoman dalam kegiatan bimbingan teknis yang akan dilakukan di SDN Bokoharjo, Prambanan. Dalam kegiatan penyelenggaraan diklat mahasiswa dilibatkan dalam tiga bagian penyelenggaraan yaitu panitia, pendamping kelas dan Co-Fasilitator. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan diklat. Dengan demikian, dari kegiatan PPL PLS di BBPPKS mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam dan luas tentang dunia kerja di Pendidikan Luar Sekolah. Sehingga mahasiswa menjadi semakin termotivasi dan yakin akan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi ke-PLS-an yang dimiliki.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLS, Desain Program, Manajemen Diklat
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 21 Jul 2016 07:48
Last Modified: 01 Oct 2019 11:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36929

Actions (login required)

View Item View Item