PENGARUH PERKEMBANGAN KESENIAN SRANDHUL PURBA BUDAYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT KAMPUNG MANGKUBUMEN KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA

Aprilia Jinah Maryati, Lia (2016) PENGARUH PERKEMBANGAN KESENIAN SRANDHUL PURBA BUDAYA TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT KAMPUNG MANGKUBUMEN KECAMATAN KOTAGEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh perkembangan Kesenian Srandhul Purba Budaya terhadap kehidupan sosial masyarakat Kampung Mangkubumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Kesenian Srandhul Purba Budaya di Kampung Mangkubumen Kecamatan Kotagede Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah tokoh kesenian, pemuka masyarakat dan penari Srandhul Purba Budaya. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data langsung yang diperoleh peneliti dengan terjun ke lapangan dan sumber data tidak langsung. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti adalah trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan: a) reduksi data, b) display data/penyajian data dan c) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh perkembangan kesenian Srandhul terhadap kehidupan sosial masyarakat Kampung Mangkubumen meliputi 1) Stratifikasi Sosial dalam hal ini tidak ada pembatas dalam komunitas ini, melahirkan sikap tolong-menolong, tali silaturahmi yang erat dan solidaritas yang tinggi. 2) Dalam hal pendidikan tersirat dari cerita, proses latihan dan toleransi untuk anak-anak. 3) Dalam agama tersirat dari tembang di dalam Kesenian Srandhul dan latihan dengan waktu tertentu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengaruh perkembangan, kesenian srandhul, kehidupan sosial masyarakat
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 21 Jul 2016 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 09:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36928

Actions (login required)

View Item View Item