Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum di Kabupaten Indramayu

Fauzan, Ahmad (2012) Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum di Kabupaten Indramayu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ahmad-fauzan-10701259001.swf

Download (39MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum di Kabupaten Indramayu. Secara khusus penelitian ini ingin memperoleh deskripsi empirik terkait dengan pelaksanaan pendidikan formal dan pesantren Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum di Kabupaten Indramayu. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Model evaluasinya adalah kesenjangan (discrepancy). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif naturalistik. Pelaksanaan penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data melalui obervasi, wawancara dan dokumentasi, (2) reduksi data, (3) penyajian data yang objektif mengenai pelaksanaan pendidikan Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum berdasarkan kegiatan-kegiatan di lapangan, dan (4) kesimpulan. Keabsahan data meliputi perpanjangan waktu penelitian, pengamatan terus-menerus, pengecekan kebenaran data, dan menyusun pertanyaan-pertayaan guna memastikan kebenaran di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan, memaknai data dari masing-masing komponen yang diperoleh, dan memberikan judgment (putusan) terhadap pelaksanaan pendidikan Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum sangat baik. Pondok pesantren ini juga berkategori pondok pesantren kombinasi karena ia melaksanakan pendidikan formal (modern): sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA), dan pendidikan pesantren (tradisional): Kuliyyaul Mu'alimin al-Islamiyyah (KMI), shalat berjamaah, pengajian al- Quran, pengajian kitab kuning, pendidikan bahasa asing (Arab dan Inggris), dan kegiatan lainnya yang tertulis dalam kegiatan harian dan mingguan santri.Pendidikan formal dan pesantren tersebut bertujuan untuk mendidik dan meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik santri; meningkatkan ketaatan, keikhlasan, keadilan, kemandirian, kedisiplinan, kejujuran, kepatuhan, kedekatan, kebersamaan, rasa percaya diri, tanggung jawab, dan gotong-royong santri; menjaga kesehatan, kebersihan, dan kerapihan santri. Keberhasilan pelaksanaan pendidikan formalnya adalah santri SMP dan SMA lulus UN 100% pada Tahun Ajaran 2011/2012. Keberhasilan pelaksanaan pendidikan pesantrennya adalah santri melaksanakan kegiatan harian dan mingguan secara rutin sesuai jadwal tanpa ada paksaan dari pendidik. Kendala yang dialami Pondok Pesantren Miftahul ‘Ulum meliputi: (1) manhaj/kurikulum pesantren yang belum tersusun secara tertulis, (2) masih ada santri yang melaksanakan kegiatan pendidikannya karena adanya rasa takut akan hukuman, (3) banyak tenaga pendidik yang belum berkualifikasi S1, (4) banyak tenaga pendidik yang bertugas ganda, (5) penggunaan Bahasa Inggris yang lebih sedikit daripada penggunaan Bahasa Arab dalam komunikasi, dan (6) sarana-prasarana yang belum memadai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, formal, pesantren
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2016 07:31
Last Modified: 29 Jan 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36924

Actions (login required)

View Item View Item