PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP

Pramesti, Trisylia Ida and Retnawati, Heri (2016) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran dengan model Inquiry pada materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan berupa RPP dan LKS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Turi, Sleman. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan perangkat pembelajaran yaitu lembar penilaian RPP dan LKS, untuk mengukur kepraktisan perangkat pembelajaran menggunakan angket respon siswa dan guru serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran menggunakan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria valid ditunjukkan dengan rata-rata skor penilaian RPP yaitu 4,45 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi sangat baik dan rata-rata skor penilaian LKS yaitu 4,38 dari skor maksimal 5 dengan kualifikasi sangat baik. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis ditunjukkan dengan rata-rata skor respon siswa yaitu 3,1 dari skor maksimal 4 dengan kualifikasi baik dan rata-rata skor respon guru yaitu 3,07 dari skor maksimal 4 dengan kualifikasi baik. Perangkat pembelajaran juga memenuhi kriteria praktis ditunjukkan oleh rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran yaitu 85,15% dengan kualifikasi sangat baik. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif ditinjau dari peningkatan kemampuan pemecahan masalah yaitu rata-rata nilai kemampuan pemecahan pada pretest yaitu 17,73 sedangkan rata-rata nilai kemampuan pemecahan pada posttest yaitu 81,2. Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Inquiry, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36913

Actions (login required)

View Item View Item