KEEFEKTIFAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR (PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SENTOLO, KULON PROGO, DIY

Haning Setyorini, Aulia (2016) KEEFEKTIFAN MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR (PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SENTOLO, KULON PROGO, DIY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Aulia Haning Setyorini.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perbedaan kemampuan menulis puisi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model induktif kata bergambar dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model induktif kata bergambar dan keefektifan model induktif kata bergambar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sentolo, Kulon Progo, DIY. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttes control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sentolo, Kulon Progo. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, diperoleh kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan pretest dan posttest yang dilakukan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis puisi antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan model induktif kata bergambar dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan model induktif kata bergambar pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sentolo, Kulon Progo. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t posttest eksperimen kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung 3,703 dengan db=62 dan p sebesar 0,000. Kedua, model induktif kata bergambar (picture word inductive model) terbukti efektif dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sentolo, Kulon Progo. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t pretest dan posttest kelas eksperimen diperoleh thitung 9,908 dengan db=31 dan p sebesar 0,000. Gain Score kelas eksperimen sebesar 14,84 dan kelas kontrol 9,53.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36906

Actions (login required)

View Item View Item