KEEFEKTIFAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SENTOLO KULON PROGO

Widya Kusuma Wardana, Indra (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SENTOLO KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis puisi antara kelompok kelas yang mendapatkan pembelajaran menulis puisi menggunakan strategi CIRC dengan kelompok kelas yang mendapatkan pembelajaran menulis puisi tanpa menggunakan strategi CIRC dan (2) mengetahui keefektif tidaknya strategi CIRC dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sentolo. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan metode quasi experiment. Desain penelitian pretest posttest control desain. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu variabel bebas strategi pembelajaran CIRC dan variabel terikat pembelajaran menulis puisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sentolo. Sampel yang digunakan adalah kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Sebelum dilakukan analisis data, dilakukan uji prasyarat analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menulis puisi yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan strategi CIRC dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan strategi CIRC. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan dengan hasil analisis uji-t data tes akhir kemampuan menulis puisi kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan nilai 2,350 dengan df 62 dan nilai p sebesar 0,022 (p 0,022<0,05). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa strategi CIRC efektif dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sentolo. Keefektifan strategi pembelajaran CIRC dapat dilihat dari hasil uji-t tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh 7,444 dengan df 31 dan p sebesar 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%) serta terdapat kenaikan skor rerata pada kelompok eksperimen yang jauh lebih besar yaitu 12,88 daripada kelompok kontrol, yaitu sebesar 6,12.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36904

Actions (login required)

View Item View Item