PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP

Apriliadi, Frans (2016) PELAKSANAAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi Frans_2016.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ImageMagick conversion from text to application/pdf)
Skripsi Frans_2016.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian berbasis kelas, model-model penilaian berbasis kelas, kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan penilaian berbasis kelas, dan upaya guru dalam mengatasi kendala dalam melaksanakan penilaian berbasis kelas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah semua guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen yang dianalisis secara kualitatif melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian diperoleh melalui validasi instrumen dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan semua guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Yogyakarta telah menerapkan penilaian berbasis kelas. Pelaksanaan penilaian berbasis kelas dilaksanakan dengan baik,walaupun belum dapat dikatakan maksimal. Model penilaian berbasis kelas yang digunakan beragam, di antaranya: penilaian unjuk kerja, penilaian sikap, penilaian tertulis, penilaian proyek, penilaian produk, penilaian portofolio, dan penilaian diri. Hal ini menunjukkan guru Bahasa Indonesia memiliki kemampuan yang baik, kreatif, dan inovatif dalam melaksanakan penilaian. Kurang optimalnya pelaksanaan penilaian berbasis kelas dikarenakan masih ditemukan beberapa kendala, yaitu kendala waktu dan siswa. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia melakukan beberapa upaya dalam mengatasi kendala tersebut. Upaya yang dilakukan menunjukkan bahwa guru mampu mengelola kelas dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36903

Actions (login required)

View Item View Item