PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH GURU-GURU TK MELALUI WORKSHOP DAN PEMBIMBINGAN

Suhardi, DR. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH GURU-GURU TK MELALUI WORKSHOP DAN PEMBIMBINGAN. INOTEK.

[img] Text
artikel_PPM-Sewon.rtf

Download (241kB)

Abstract

Abstrak Kegiatan PPM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan penulisan karya ilmiah pada guru-guru TK dan memacu guru-guru tersebut untuk menulis karya ilmiah, khususnya penulisan proposal PTK. Khalayak sasaran kegiatan ini adalah guru-guru TK se-Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta yang tergabung dalam IGTK (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak). Peserta kegiatan ini berjumlah 48 orang guru dari 36 TK di kecamatan tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan tanggal 23 Oktober 2008 di Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Sewon dalam bentuk lokakarya dan pelatihan, pembimbingan penulisan proposal, dan evaluasi hasil penulisan proposal PTK. Hasil kegiatan PPM tersebut, antara lain adalah (1) peserta memperoleh tambahan ilmu dan pengetahuan tentang prosedur PTK, pengembangan kajian pustaka dan perumusan masalah PTK, dan penggunaan bahasa Indonesia dalam penulisan karya ilmiah; (2) peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah dalam bentuk penulisan proposal PTK; (3) peserta dapat mengidentifikasi masalah dan merumuskan judul-judul PTK; (4) peserta (dalam bentuk kelompok) telah berhasil menulis karya ilmiah yang berupa proposal PTK yang siap dilaksanakan di sekolahnya. Meskipu demikian, sebagian kecil peserta masih ada yang merasa kesulitan untuk mendapatkan buku-buku referensi yang relevan, menghadapi kendala birokrasi dan administrasi di sekolah, dan memperoleh dana dan fasilitas yang dibutuhkan. Kata kunci: karya ilmiah, proposal, PTK

Item Type: Article
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Date Deposited: 09 Aug 2012 04:42
Last Modified: 02 Oct 2019 02:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item View Item