IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR JOGJA GREEN SCHOOL TRIHANGGO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Dzilhijjah, Sarah Pradini (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS III DI SEKOLAH DASAR JOGJA GREEN SCHOOL TRIHANGGO GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Sarah Pradini Dzilhijjah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences pada siswa kelas III di Sekolah Dasar Jogja Green School Trihanggo Gamping Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelas III, kepala sekolah dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk mengetahui implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Observasi dilakukan untuk mengetahui secara langsung bagaimana implementasi pembelajaran berbasis multiple intelligences. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui dokumen yang diperlukan dalam pembelajaran berbasis multiple intelligences. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat dua hal pokok yang dilakukan guru dalam melakukan perencanaan pembelajaran, yaitu: a) mengenali multiple intelligences siswa melalui observasi harian dan sharing sesama guru, dan b) menyusun rencana pembelajaran yang disebut Daily Lesson Plan (DLP). (2) Pada tahap pelaksanaan, guru sudah memfasilitasi siswa melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran berbasis multiple intelligences yang dilakukan secara integratif melalui kedelapan jenis kecerdasan, yaitu: linguistik, logika-matematika, spasial, kinestetik, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. (3) Penilaian pembelajaran dilakukan secara autentik dengan menggunakan tiga ranah yaitu: a) kognitif dengan tes lisan, tes tertulis dan penugasan, b) psikomotorik dengan unjuk kerja, proyek dan portofolio, serta c) afektif dengan pengamatan sikap siswa selama pembelajaran dan di luar jam belajar. Kata kunci: implementasi, pembelajaran, multiple intelligences

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jul 2016 08:29
Last Modified: 30 Jan 2019 09:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36874

Actions (login required)

View Item View Item