LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ninis Niswatul Muflikhah, Ninis Niswatul Muflikhah (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Laporan Inti.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Kegiatan PPL bertujuan untuk membantu mempersiapkan calon pendidik yang memiliki beberapa kompetensi untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah atau lembaga pendidikan. Kegiatan PPL yang dilakukan di SMA N 4 Yogyakarta, berlangsung dari tanggal 1 Juli sampai dengan 17 September 2014. SMA N 4 Yogyakarta telah menerapkan kurikulum 2013 mulai tahun ajaran 2014/2015. Kegiatan PPL meliputi kegiatan pembelajaran, konsultasi dengan guru dan dosen pembimbing, serta penyusunan perangkat pembelajaran. Kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan mengajar, pematangan materi, pembuatan media pembelajaran, dan evaluasi. Penyusunan perangkat pembelajaran meliputi perhitungan jam efektif, pembuatan program tahunan, program semester, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Selama PPL di SMA N 4 Yogyakarta berlangsung, kelas yang diajar adalah kelas X (IIS 2 dan MIA lintas minat) dan kelas XI (IIS 3 dan MIA lintas minat). Berdasarkan hasil mengajar di beberapa kelas, nilai peserta didik pada mata pelajaran Geografi di kelas X masih dibawah KKM. Persiapan matang sebelum mengajar diperlukan agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar. Mulai dari perangkat pembelajaran, penguasaan materi, dan kesiapan mental pendidik. Karakteristik siswa yang beragam mengharuskan seorang pendidik untuk dapat mengelola siswa secara optimal, memilih dan menggunakan teknik yang tepat dalam mengajar, memanaje waktu dengan efektif, serta menyampaikan materi dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, perangkat pembelajaran, KBM
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 08:18
Last Modified: 01 Oct 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36865

Actions (login required)

View Item View Item