LAYANAN AKOMODASI GURU DALAM PEMBELAJARAN UNTUK SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI KELAS VA, SD NEGERI TAMANSARI I, KOTA YOGYAKARTA, TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Wijaya, Anna Sylvia Dian (2016) LAYANAN AKOMODASI GURU DALAM PEMBELAJARAN UNTUK SISWA LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER) DI KELAS VA, SD NEGERI TAMANSARI I, KOTA YOGYAKARTA, TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Anna Sylvia Dian Wijaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana layanan akomodasi guru dalam pembelajaran untuk siswa slow learner di kelas VA SD Negeri Tamansari I. Aspek yang diamati dalam layanan akomodasi dalam pembelajaran ini adalah cara pengajaran dan materi, tugas dan penilaian, tuntutan waktu, dan lingkungan belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VA. Objek penelitian ini berupa layanan akomodasi guru. Pendekatan dalam penelitan ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan subjek telah memberikansebagian besar unsur layanan akomodasi dalam pembelajaran dalam cara pengajaran dengan memberikan pembelajaran yang bertahap, melakukan pembelajaran dalam kelompok kecil secara heterogen, menggunakan media konkret, dan mengulang penjelasan secara lisan. Dalam lingkungan belajar guru menempatkan slow learnerdi barisan paling depan, melakukan rotasi dengan memperhatikan kondisi siswa, memberikan umpan balik secara lisan. Dalam tuntutan waktu, guru memberikan perpanjangan waktu dalam pengerjaan tugas antara siswa slow learnerdan reguler. Tidak ada kebijakan pemberian waktu perpanjangan, pengulangan, dan jeda istirahat khusus untuk siswa slow learner dalam pengerjaan tes atau ulangan umum. Adapun temuan lainnya adalah guru memberikan layanan akomodasi dalam pembelajaran dengan porsi yang tidak membedakan secara mencolok antara siswa slow learnerdan reguler. Kata kunci : layanan akomodasi pembelajaran, slow learner

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jul 2016 08:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36857

Actions (login required)

View Item View Item