Galih Imam Bazhari, Galih Imam Bazhari (2015) LAPORAN KEGIATAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 1 BERBAH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
COVER LAPORAN PPL.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR LAPORAN.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI LAPORAN.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK LAPORAN.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1, 2, 3.pdf Download (269kB) | Preview |
Abstract
Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Bahasa Daerah (PBD) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2015 memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SMP Negeri 1 Berbah merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL PBD pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL PBD adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya. Kegiatan yang dilaksanakan program PPL PBD antara lain, 1) Pengajaran di kelas. Sebelum melakukan kegiatan mengajar, terlebih dahulu dibuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan media yang akan digunakan saat mengajar. RPP dan media yang disetujui guru pembimbing mata pelajaran dapat digunakan untuk mengajar. Setelah mengajar, dilakukan evaluasi oleh guru pembimbing mata pelajaran; Selain mengajar di kelas dan memberikan layanan bimbingan belajar, dilakukan pula piket sekolah (perpustakaan, UKS, BK, TU, Sekretariat PPL UNY) dan pendampingan ekstrakurikuler (pramuka). Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing mata pelajaran. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VII A, VII B, VII C, dan VII D. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar walaupun ditemui beberapa hambatan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, Universitas Negeri Yogyakarta, Pendidikan Jasmani |
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 20 Jul 2016 07:50 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |