PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SEDAYU

Dintasari, Rizky Lia (2016) PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rizky Lia Dintasari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan proses pembelajaran membaca intensif dan 2) meningkatkan keterampilan membaca intensif siswa kelas IVSD N1 Sedayumelalui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Sedayu yang berjumlah 28 siswa. Desain penelitian model Kemmis & Mc Taggartyang terdiri dari 3 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan: tes, observasi, dandokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan membaca intensif siswa kelas IV SD Negeri 1 Sedayu Bantul. Peningkatan proses terlihat siswa lebih aktifmenyampaikan pendapat dan menjawab pertanyaan guru mengenai isi wacana, perhatian siswa lebih baik saat mendengarkan penjelasan guru, sebagian besar siswa sudah bisa berdiskusi kelompok dengan baik, serta sebgaian besar siswa sudah aktif dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Peningkatan rata-rata nilai keterampilan membaca intensif pada siklus I sebesar 12,89, yang kondisi awal 54,57 meningkat menjadi 67,46, dan peningkatan pada siklus II sebesar 22,29, yang kondisi awal 54,57 meningkat menjadi 76,86. Kata kunci:strategi DRTA, keterampilan membaca intensif, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:50
Last Modified: 30 Jan 2019 09:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36850

Actions (login required)

View Item View Item