LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Ajaran 2014/1015 1 Juli 2014 – 17 September 2014

Andrie Andhika Putra, Andrie Andhika Putra (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA Semester Khusus Tahun Ajaran 2014/1015 1 Juli 2014 – 17 September 2014. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Andrie Andhika Putra_Pendidikan Akuntansi_11403244027.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa sebagai calon tenaga kependidikan. Program PPL adalah program kegitatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/ pendidik atau tenaga kependidikan. Dengan adanya PPL juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga yang terkait dengan proses pembelajaran. Setiap ilmu dan keterampilan yang didapat dalam perkuliahan akan diterapkan mahasiswa ke dalam situasi nyata di dalam kelas dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Sebelum dilaksanakannya PPL di sekolah, mahasiswa telah memperoleh pembekalan melalui pembelajaran mikro dalam perkuliahan sehingga mahasiswa sudah memiliki bekal sebelum melakukan praktik di sekolah. Kegiatan PPL ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan wadah untuk mengembangkan diri bagi mahasiswa untuk menjadi seorang tenaga kerja yang professional dalam bidangnya. Pelaksanaan kegiatan PPL UNY 2014 di SMA Negeri 4 Yogyakarta yang beralamat di Jalan Magelang, Karangwaru Lor, Kecamatan Tegalrejo, Yogyakarta, berlangsung dari tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014. Kegiatan ini dimulai dari observasi sekolah dan memperoleh guru pembimbing PPL di sekolah. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa PPL adalah mengajar mata pelajaran ekonomi akuntansi kelas XI IIS. Dari bimbingan yang telah dilaksanakan dengan DPL dan Guru Pembimbing, mahasiswa diberikan kesempatan secara langsung untuk merasakan menjadi seorang guru yang sebenarnya. Tahap persiapan meliputi pengajaran mikro, pembekalan PPL, observasi pembelajaran di kelas dan kegiatan persiapan mengajar (koordinasi konsultasi dengan guru pembimbing, penguasan materi, pengembangan silabus, penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran dan alat evaluasi). Setelah itu melakukan kegiatan inti yaitu praktik mengajar di kelas sebanyak 10 kali pertemuan. Dari pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik memperoleh pengalaman yang belum pernah diperoleh dalam perkuliahan. PPL dapat menjadi program untuk mahasiswadalam meningkatkan serta mengembangkan diri untuk menjadi guru yang professional.Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tidak pernah terlepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat dan kerja keras yang baik maka segala hambatan dapat teratasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36847

Actions (login required)

View Item View Item