PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA FILM KARTUN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA

Putri, Rahmawati Nur Kumala (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA FILM KARTUN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rahmawati Nur Kumala Putri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan narasi siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat diketahui dari peningkatan aktivitas siswa dalam hal kesiapan siswa mengikuti pembelajaran, partisipasi dan motivasi siswa dalam pembelajaran menggunakan media film kartun, serta keseriusan siswa saat menulis karangan narasi. Persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 66,5% meningkat menjadi 83% pada siklus II. Nilai rata-rata menulis karangan narasi siswa juga meningkat. Pada pra siklus, nilai rata-rata siswa adalah 63,84, meningkat menjadi 68,14 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 75,48. Selain itu persentase siswa yang memperoleh nilai ≥71 juga mengalami peningkatan. Pada kondisi awal, hanya 6 orang yang memperoleh nilai ≥71 atau 24%, pada siklus I meningkat menjadi 13 siswa atau 52 %, dan pada siklus II menjadi 22 siswa dengan persentase 88%. Hal ini dapat ditingkatkan dengan cara guru menjelaskan aturan penulisan karangan narasi, siswa berlatih menulis kalimat dan paragraf, mengorganisasikan ide dengan menonton film kartun, dan siswa menulis karangan narasi berdasarkan cerita dari film kartun. Kata kunci: keterampilan menulis narasi, film kartun, siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:43
Last Modified: 30 Jan 2019 09:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36846

Actions (login required)

View Item View Item