LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 BERBAH

ARIESTA DIAN PRAMESTI, ARIESTA DIAN PRAMESTI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP N 1 BERBAH. LAPORAN PPL.

[img]
Preview
Text
1. cover, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. BAB I, BAB II, BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Negeri Yogyakarta yang dilaksanakan pada semester khusus 2015 memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SMP Negeri 1 Berbah merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL BK pada tahun 2015. Tujuan dari program PPL BK adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam rangka melatih dan mengembangkan profesionalismenya dalam bidang keguruan atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang dilaksanakan program PPL BK antara lain, 1) layanan klasikal masuk kelas dengan metode diskusi, games, pengisian kuosioner (angket). Sebelum melaksanakan layanan klasikal, praktikan menyusun need asessment yang diperoleh melalui hasil analisis Daftar Cek; 2) Layanan konseling individual diberikan kepada siswa yang membutuhkan bantuan secara mandalam; 3) layanan konseling kelompok yang diberikan kepada siswa yang membutuhkan bantuan ; 4) Layanan Mediasi diberikan kepada siswa dan pihak yang bersangkutan untuk didiskusikan pemecahan masalahnya. Selain memberikan layanan bimbingan dan konseling, praktikan juga melaksanakan himpunan data. Instrumen dan media BK yang digunakan meliputi Daftar Cek Masalah, leaflet, poster, dan papan bimbingan. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, IX A dan IX B. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar dengan sedikit hambatan. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih 1 bulan di SMP Negeri 1 Berbah ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa membantu siswa dalam menyelesaikan masalah secara mandiri dan memberikan informasi yang dibutuhkan siswa yang diperoleh di bangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:40
Last Modified: 20 Jul 2016 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36844

Actions (login required)

View Item View Item