KULIAH PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA Negeri 2 Wates Alamat : Jl. KH Wahid Hasyim, Bendungan Wates, Kulon Progo 55651 Telepon : (0274) 773005

Maria Renha Rosari Putri Dore, Maria Renha Rosari Putri Dore (2014) KULIAH PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA SMA Negeri 2 Wates Alamat : Jl. KH Wahid Hasyim, Bendungan Wates, Kulon Progo 55651 Telepon : (0274) 773005. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I_2.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) 2014 yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Wates, bertujuan untuk memberikan pengalaman pada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan administrasi di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan potensi keguruan atau kependidikan. Selain itu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal administrasi sekolah, dan melaksanakan praktik pembelajaran kelas, serta dapat digunakan oleh mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah yakni dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri, dan meningkatkan hubungan kemitraan antara Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dengan sekolah dan pemerintah daerah. Kegiatan pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di mulai dari tanggal 01 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Tahap kegiatannya dimulai dari observasi sekolah, observasi kelas, perencanaan program, konsultasi program dengan pihak sekolah (guru pembimbing) dan penetapan program. Program kerja Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang dirancang meliputi: pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Praktik Mengajar, dan Evaluasi hasil mengajar. Hasil pelaksanaan PPL kurang lebih selama 2 bulan di SMA Negeri 2 Wates dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan, dalam hal ini bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial yang diperoleh dari bangku kuliah Universitas Negeri Yogyakarta. Dari program PPL ini maka praktikan dapat mengambil beberapa pengalaman faktual mengenai proses belajar mengajar dan kegiatan persekolahan lainnya yang selanjutnya sangat berguna bagi praktikan untuk mengembangkan dirinya sebagai guru dan tenaga pendidik yang profesional, memiliki nilai, sikap dan pengetahuan serta keterampilan yang diperlukan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:34
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36842

Actions (login required)

View Item View Item