LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) Lokasi SMA Negeri 2 Wates Bendungan, Wates, Kulonprogo, D.I Yogyakarta

Muh. Rikaz Prabowo, Muh. Rikaz Prabowo (2014) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) Lokasi SMA Negeri 2 Wates Bendungan, Wates, Kulonprogo, D.I Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover-Abstrak.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-3.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

raktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kegiatan mengajar siswa-siswi secara langsung di sekolahan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) juga merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, praktikan melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan di SMA Negeri 2 Wates yang terletak di Desa Bendungan dengan mengajar langsung siswa-siswi di SMA Negeri 2 Wates. Melalui Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Selain itu, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah awal bagi calon tenaga pendidik untuk menjadi tenaga pendidik yang sebenarnya di masa mendatang. Dengan adanya Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) praktikan diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan, keterampilan dan semua yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik profesional yang nantinya dapat berguna bagi nusa dan bangsa. Kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL. Observasi dilakukan baik observasi sekolah maupun observasi kelas. Observasi ini dilakukan agar proses pelaksanaan PPL dapat berjalan lancar. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Persiapan mengajar dilakukan dengan cara mengadakan konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XI MIA 1, dan XI MIA 2. Dan evaluasi hasil mengajar di laksanakan setelah pelaksanaan mengajar oleh guru pembimbing (pamong) pula. Dalam pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 2 Wates banyak pengalaman yang diperoleh. Pengalaman bagaiman cara mengajar langsung siswa-siswi di sekolah serta menerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan dalam bidang Pendidikan Sejarah yang diperoleh di bangku perkuliahan. Dengan adanya PPL ini diharapakan sebagai calon tenaga pendidikdapat mendidik peserta didik secara profesional sehingga dapat membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Meskipun demikian, pelaksanaan PPL telah usai dilaksanakan, namun masih ada hambatan dan kekurangan dalam melaksanaan PPL. Kekurangan yang terjadi selama pelaksanaan PPL adalah hal yang sangat wajar. Dengan melihat hambatan dan kekurangan yang ada dapat dijadikan sebagai pengalaman.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:26
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36835

Actions (login required)

View Item View Item