LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 4 YOGYAKARTA

Sri Murtini, Sri Murtini (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN 2.pdf

Download (276kB) | Preview

Abstract

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman factual mengenai proses pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainnya. Kegiatan PPL bertujuan untuk 1) Memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran disekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan/kependidikan, 2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, 3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dikuasai secara interdisipliner kedalam pembelajaran disekolah atau lembaga kependidikan. Kegiatan yang dilakukan pada kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) ini memiliki Pra PPL dan PPL. Kegiatan Pra PPL meliputi : sosialisai dan koordinasi, observasi potensi pengembangan sekolah, observasi proses pembelajaran dan kegiatan menejerial, identifikasi dan infentarisasi permasalahan, penentuan program kerja dan penyusunan proposal kegiatan, diskusi dengan guru dan dosen pembimbing. Persiapan (PPL) yang dilaksanakan di SMK N 4 Yogyakarta dimulai dengan pembekalan PPL, micro teaching dan observasi langsung di SMK N 4 Yogyakarta. Sedangkan program PPL meliputi penyusunan RPP, pembuatan media pembelajaran sampai dengan Evaluasi Pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah Praktik Mengajar pada program keahlian Tata Busana ( XI Busana 1, dan XI Busana 4 ). Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan diskusi, dengan tambahan penggunaan media, serta evaluasi. Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) mulai dari tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014. Pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Yogyakarta selama 2 bulan 17 hari dapat dipetik hasilnya yang berupa observasi petensi pengembangan sekolah yang sudah cukup memadai, observasi proses pembelajaran kelas X yang sudah menggunakan kurikulum 2013, dan praktik mengajar di kelas pada kesempatan ini mahasiswa berkesempatan untuk mengajar siswa kelas XI Busana 1, dan XI Busana 4. Sebelum praktek mengajar mahasiswa mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) sesuai dengan silabus dan materi yang akan disampaikan, media pembelajaran yang berupa jobsheet atau handout, dan chart yang harus dikonsultasikan dengan guru pembimbing sebelum melaksanakan proses pembelajaran. Mahasiswa melaksanakan pengajaran selama enam minggu, dengan jadwal mengajar hari senin dan jumat mata pelajaran Pembuatan Pola 4 jam pelajaran @45 menit (@45 x 4 = 180 menit) dan hari selasa dan kamis mata pelajaran Busana Industri 7 jam namun mahasiswa mengambil 2 jam pelajaran 2 x pertemuan @45 menit (@45 x 2 = 90 menit).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 4 Yogyakarta, Tata Busana
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:17
Last Modified: 01 Oct 2019 12:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36830

Actions (login required)

View Item View Item