LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 4 YOGYAKARTA

Sekarlati Dwi Hastuti, Sekarlati Dwi Hastuti (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMK N 4 YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover depan.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAPORAN sekar.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK Negeri 4 Yogyakarta ini berlangsung mulai tanggal 1Juli sampai dengan 17 September 2014. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar terhadap mahasiswa, terutama dalam hal pengalaman mengajar, memperluas wawasan, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab dan kemampuan memecahkan masalah. Tahap awal sebelum diterjunkan, mahasiswa (praktikan) melakukan observasi kelas yaitu, untuk mempelajari segala kondisi yang ada di lingkungan kelas agar dalam proses belajar mengajar nanti tidak mengalami hambatan. Pada tanggal 1 Juli 2012, mahasiswa mulai melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Tahap pertama yang dilakukan adalah melakukan perkenalan dengan para siswa, guru, serta karyawan. Selanjutnya, mahasiswa berkonsultasi dengan guru pembimbing mengenai teknis pelaksanaan proses belajar mengajar dan pembagian waktu mengajar. Setelah itu, mahasiswa secara efektif melaksanakan proses belajar mengajar di kelas dengan didampingi guru pembimbing. Dari hasil pelaksanaan praktik belajar mengajar, mahasiswa melihat bahwa kegiatan PPL ini sangat bermanfaat demi mengembangkan dan mempelajari tentang karakter masing-masing siswa, mengerti cara membuat administrasi KBM guru, mengerti cara menyampaikan materi yang efektif dan belajar mengelola kelas dengan baik. Sedangkan untuk siswa, sebagian besar memiliki minat yang cukup tinggi untuk belajar membuat pola busana. Mahasiswa diwajibkan untuk ujian mengajar dan membuat laporan Praktik Pada kesempatan ini, mahasiswa berkesempatan untuk mengajar siswa kelas X Busana 3 dan 4, dan kelas XI Busana 1. Mahasiswa melaksanakan pengajaran Busana selama enam minggu, dengan jadwal mengajar hari Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabutu masing – masing 3-7 jam pelajaran. Metode yang digunakan adalah menerangkan (teori) Asal Serat Bahan Tekstil, Konstruksi Tenunan Bahan Tekstil, Macam Alat Tenun, Membuat Motif Batik Untuk Stola, Uji Serat Bahan Tekstil untuk mata pelajaran Tekstil, teori Pembuatan Busana Secara Industri untuk mata pelajaran Busana Industri dan praktek Pembuatan Pola untuk pelajaran Pola. Mahasiswa membuat RPP, lembar penilaian dan media pembelajaran yang harus dikonsultasikan kepada guru pembimbing. Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai bukti bahwa mahasiswa benar – benar telah melaksanakan PPL di sekolah dan juga sebagai syarat kelulusan pada mata kuliah PPL.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL,SMK N 4 Yogyakarta,Tekstil
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:15
Last Modified: 01 Oct 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36829

Actions (login required)

View Item View Item