LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA Jl. Jalan Sidikan No.60, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dwi Emy Sujarwi, Dwi Emy Sujarwi (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA Jl. Jalan Sidikan No.60, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
DWI EMY SUJARWI 11513241014 LAPORAN INDIVIDU.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib yang diambil oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. PPL merupakan Tri Darma Perguruan Tinggi. Tujuan pelaksanaan PPL itu sendiri adalah 1) Memberi pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran disekolah, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan/ kependidikan; 2) Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; 3) Meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dikuasai secara pembelajaran disekolah atau lembaga pendidikan. Selain itu sebagai sarana mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang telah didapat di perkuliahan. PPL juga meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dan sekolah serta lembaga terkait. Lokasi kegiatan PPL di SMK N 4 Yogayakarta terletak di Jalan Sidikan No.60, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. PPL dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli sampai 17 September 2014 yang diawali dengan kegiatan pra PPL yang meliputi sosialisasi, observasi ke lokasi, serta identifikasi permasalahan. Setiap mahasiswa mendapat tugas dari guru pembimbing masing-masing. Adapun mata pelajaran kompetensi kejuruan dengan standar kompetensi yang diampu oleh Praktikan adalah Menjahit Busana Wanita dan Membuat Pola. Kegiatan PPL diawali dengan persiapan yang meliputi pembekalan PPL, pembelajaran mikro, observasi langsung pada kelas yang akan diampu, serta pembuatan persiapan mengajar berupa penyusunan RPP sesuai silabus. Sedangkan pelaksanaan PPL antara lain pelaksanaan praktik mengajar, bimbingan PPL, termasuk penyusunan laporan. Kegiatan PPL di SMK N 4 Yogyakarta khususnya kelas XII Busana Butik 4 yang menjadi kelas praktik mengajar dapat berjalan dengan baik,. Hubungan antara seluruh komponen sekolah dengan praktikan berjalan dengan baik. PPL merupakan wadah dan sarana bagi mahasiswa untuk mengamalkan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan. Mahasiswa melaksanakan praktik mengajar di SMK Negeri 4 Yogyakarta setiap hari senin dan rabu pada mata pelajaran kompetensi kejuruan dengan standar kompetensi Menjahit Busana Wanita dan Membuat Pola. Jumlah praktik mengajar yang dilaksanakan adalah delapan kali praktik mengajar. Delapan kali praktik yaitu 5 kali tatap muka (setiap tatap muka 8 x 45 menit) untuk Menjahit Busana Wanita dan 3 kali tatap muka (setiap tatap muka 4 x 45 menit) untuk Membuat Pola.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, SMK N 4 Yogyakarta, Busana Butik
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:02
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36823

Actions (login required)

View Item View Item