LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

DWI EMI LESTARI, DWI EMI LESTARI (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isi Laporan.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap Mahasiswa program kependidikan. Program kegiatan PPL/Magang III bertujuan untuk mengembangkan kopetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Program PPL difokuskan pada komunitas sekolah atau lembaga, komunitas sekolah meliputi civitas internal sekolah yang terdiri dari guru, karyawan, siswa, dan komite sekolah. Program PPL ini berusaha memberdayakan masyarakat sekolah secara maksimal sesuai dengan kemampuan mahasiswa. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan dilaksanakan pada 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. PPL dilaksanakan di SMK Muhammadiyah I Tempel. SMK Muhammadiyah I Tempel baralamat di Sanggrahan, Tempel, Sleman, Yogyakarta. Jumlah keseluruhan siswa SMK Muhammadiyah I Tempel adalah 285 siswa, yang terdiri dari 91 siswa kelas X, 79 siswa kelas XI, dan 115 siswa kelas XII. Jumlah guru SMK Muhammadiyah I Tempel yaitu 29 guru dan 5 orang karyawan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini bertujuan untuk mendapatkan penglaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang mempunyai nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. PPL dilaksanakan untuk mengasah empat (4) kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogis, komptensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara bertahap dari observasi hingga pelaksanaan praktik pengalaman lapangan, berupa praktik mengajar. Praktikan diberi kesempatan untuk mengajar pada jurusan BB. Mengampu mata pelajaran Membuat Pola dan Melaksanakan Pelayanan Prima. Selain program mengajar ada beberapa program lain yang dilaksanakan oleh praktikan. Program-program tersebut adalah lomba kebersihan kelas, upacara bendera, piket guru, pengelolaan perpustakaan dan program-program lain yang viii tidak terencana sebelumnya. Program yang tidak terencana atau insidental diantaranya adalah upacara peringatan HUT RI Ke-70, Konsultasi dengan DPL, Konsultasi mata pelajaran, Diskusi kelompok, Konsultasi dengan guru pembimbing, Menyiapkan bahan, Mempersiapkan peralatan jahit, Mengkoreksi tugas, Koordinasi dengan coordinator PPL, Koordinasi dengan kepala sekolah, Penarikkan. Hasil dari Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini, mahasiswa dapat menerapkan ilmu pengetahuan tentang teori dan praktik bidang Pbusana di SMK yang sebelumnya juga telah di pelajari di bangku perkuliahan. Pengetahuan mengenai inovasi cara mengajar juga diterapkan dalam kegiatan PPL, meliputi pembuatan dan penggunaan media yang tepat dan menarik, penggunaan metode yang kontekstual sesuai dengan keadaan siswa. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh tiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaanya beberapa hambatan dapat dipastikan selalu timbul. Beberapa hambatan tersebut antara lain : dalam pengelolaan kelas, pengelolaan waktu. Akan tetapi praktikan selalu berusaha untuk menekan hambatan yang terjadi, sehingga program PPL dapat terlaksana dengan lancar. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunaia kependidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: siswa, PPL, Pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:03
Last Modified: 01 Oct 2019 11:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36822

Actions (login required)

View Item View Item