LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

FADHLUL MUBAROK, FADHLUL MUBAROK (2015) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover, hal pengesahan, abstrak (Fadhlul M).pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-3 (done) Fadlul M.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dalam mempraktekkan teori-teori yang telah dipelajari dalam perkuliahan. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa dapat mengenal serta menghayati seluk beluk lembaga pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan, dan kemudian menerapkan setiap disiplin ilmu yang telah dipelajari sebelumnya. PPL juga berfungsi sebagai salah satu cara melatih mental mahasiswa di dalam dan di luar kelas. Dengan adanya kegiatan PPL mahasiswa juga mendapatkan wawasan dan pengalaman yang lebih sebagai bekal di masa depan ketika mereka akan terjun di dunia pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang lebih tentang kegiatan operasional di sekolah sehingga mereka dapat mengabdikan diri bagi sekolah. Mereka juga dapat memiliki bekal keterampilan yang lebih di dalam dunia pendidikan sehingga mereka siap saat akan terjun dalam dunia pendidikan yang sebenarnya nantinya. Kegiatan PPL yang dilaksanakan di sekolah mulai tanggal 10 Agustus sampai 12 September 2015 di SMK Muhammadiyah 1 Tempel sangatlah bermanfaat bagi kedua belah pihak. Dalam kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah 1 Tempel ini, penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi (MPA) di kelas X AP1 dan X AP2. Penyusun melakukan praktik mengajar di kelas setiap hari Rabu jam ke 7-9 dan, Sabtu jam ke 4-6. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki sesuai dengan program studi masing-masing.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Administrasi.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 07:00
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36821

Actions (login required)

View Item View Item