Pengembangan Buku Pengayaan Materi Kimia Organik dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Meningkatkan Pengetahuan Kimia dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA/MA

Suhartini, Suhartini (2012) Pengembangan Buku Pengayaan Materi Kimia Organik dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Meningkatkan Pengetahuan Kimia dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XII SMA/MA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-suhartini-10708251045.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku pengayaan kimia dalam kehidupan sehari-hari untuk peserta didik kelas XII, mengetahui kualitas buku pengayaan materi kimia dalam kehidupan sehari-hari untuk SMA/MA berdasarkan kriteria standar mutu buku pengayaan pengetahuan dan mengetahui apakah penggunaan buku pengayaan sebagai sumber belajar dapat meningkatkan pengetahuan kimia dan kemandirian belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada 10 langkah utama yang dikembangkan oleh Borg & Gall, namun penelitian ini hanya melaksanakan langkah 1-7 (studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft buku pengayaan dan validasi, uji terbatas, evaluasi dan revisi, uji coba lebih luas, evaluasi dan penyempurnaan). Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik SMA kelas XII sejumlah 40 orang dengan rincian: 10 peserta didik SMA Budya Wacana untuk uji coba terbatas dan 30 peserta didik SMA N I Sedayu untuk uji coba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, dan tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pengayaan yang dikembangkan peneliti ditinjau dari variabel kualitas materi, kualitas penyajian, dan kualitas media menurut ahli dan guru, berkategori “sangat baik”. Respon peserta didik terhadap buku pengayaan yang dikembangkan berkategori “baik”. Pembelajaran dengan buku pengayaan yang dikembangkan peneliti dapat meningkatkan pengetahuan kimia peserta didik yang ditunjukkan dengan gain score sebesar 0,72. Pembelajaran dengan buku pengayaan juga mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik dengan gain score sebesar 0,34.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kimia organik, buku pengayaan, kemandirian belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2016 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 08:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36799

Actions (login required)

View Item View Item