PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MEDIA VIDEO STOP MOTION PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 1 SEMANU GUNUNGKIDUL

Nurhadi, Ardian (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MEDIA VIDEO STOP MOTION PADA SISWA KELAS VIII A SMP N 1 SEMANU GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ardhian Nurhadi 11201241054 NO.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII A SMP N 1 Semanu Gunungkidul dengan menggunakan media video stop motion. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting). Tindakan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, catatan lapangan, dan lembar pengamatan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, wawancara, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Analisis dilakukan dengan teknik analisis data kualitatis dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan tindakan pada siklus pertama belum memperoleh hasil optimal. Nilai rata-rata menulis naskah drama siswa pada tahap pratindakan adalah 67,08, sedangkan nilai rata-rata yang dicapai siswa pada akhir siklus pertama adalah 72,92. Nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil menulis naskah drama siswa tetapi belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75. Setelah tindakan siklus kedua, terjadi peningkatan dari segi hasil menulis naskah drama. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata yang dicapai siswa pada akhir siklus kedua yaitu 79,79. Peningkatan juga terjadi dalam proses pembelajaran. Penggunaan video stop motion dalam proses pembelajaran memberikan daya tarik bagi siswa. Perhatian dan fokus siswa pada pembelajaran menjadi lebih tinggi. Begitupun ketika guru mengajak diskusi untuk menemukan hal-hal penting dalam video, siswa begitu aktif memberi ide dan pernyataan mengenai topik dalam video. Berdasarkan uraian di atas, selanjutnya dapat disimpulkan bahwa media video stop motion dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII A SMP N 1 Semanu Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36795

Actions (login required)

View Item View Item