LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 SMP NEGERI 2 GAMPING Jl. Jambon, Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Andi Kurniawan, Andi Kurniawan (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015 SMP NEGERI 2 GAMPING Jl. Jambon, Trihanggo, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ANDI KURNIAWAN.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu wadah atau tempat bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. PPL bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar bisa melakukan praktik mengajar secara langsung dan dapat memperoleh pengalaman serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi langsung di dunia sekolah, baik yang berkaitan dengan proses pembelajaran maupun kegiatan adminitrasi pendidikan. Kegiatan PPL ini juga berfungsi untuk melatih mental mahasiswa dalam menghadapi anak didik secara langsung, hal ini akan memberikan pengalaman yang lebih kepada peserta PPL dan memperluas wawasan dalam proses belajar-mengajar. Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta secara langsung di sekolah selama 1 bulan mulai dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai dengan 12 September 2015. Selama kegiatan PPL, mahasiswa PPL turun langsung untuk mengajar didalam kelas sebanyak 6x pertemuan sebagai target minimal yang harus dilakukan oleh mahasiswa. Sekolah yang dijadikan lokasi PPL adalah SMP N 2 Gamping. Di sekolah ini mahasiswa memperoleh kepercayaan untuk mengampu tiga (3) kelas, yang semuanya merupakan kelas VIII yaitu kelas VIII D, VIII E dan VIII F juga mendampingi pengajaran untuk kelas VIII A, VIII B dan VIII C. Metode diskusi informasi, ceramah bervariasi,dan demonstrasi merupakan metode yang dipilih untuk proses pembelajaran di kelas agar sesuai dengan tuntutan kurikulum, model, serta LKS merupakan media yang digunakan untuk menarik perhatian siswa agar lebih aktif dan partisipatif dalam mengikuti pembelajaran. Banyak kendala yang dialami selama PPL, namun hal tersebut bukanlah penghalang yang besar bagi mahasiswa untuk dapat melaksanakan kegiatan PPL ini. Dengan adanya kegiatan PPL ini, mahasiswa PPL dapat memperoleh bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang berbagai hal dan kegiatan yang terkait dengan dunia pendidikan khususnya di sekolah. Kerja keras, keikhlasan dan disiplin merupakan kunci suksesnya pelaksanaan PPL ini. Pada akhirnya, dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta calon tenaga pendidik yang professional dan berkualitas untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik. Dan diharapkan kerjasama dan koordinasi antar pihak sekolah, universitas, dan mahasiwa dapat berjalan dengan lebih baik lagi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 03:43
Last Modified: 01 Oct 2019 11:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36794

Actions (login required)

View Item View Item