LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman

M. Nur Fauzi Ibrahim, M. Nur Fauzi Ibrahim (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN Mrican, Caturtunggal, Depok, Sleman. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. M. Nur Fauzi Ibrahim_PT Elektro_12501241005.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan bertujuan untuk memberikan pengalaman dalam proses pembelajaran yang utuh dan terpadu, melatih dan mengembangkan berbagai kompetensi yang dipersyaratkan bagi seorang guru/tenaga kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi mahasiswa sebagai pembentukan tenaga kependidikan profesional yang siap memasuki dunia pendidikan, mempersiapkan dan menghasilkan tenaga kependidikan yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan keterampilan profesional, mengintegrasikan dan mengimplementasikan ilmu yang telah dikuasai ke dalam praktik keguruan dan kependidikan. Praktik Pengalaman Lapangan yang dilakukan oleh mahasiswa merupakan suatu kegiatan intrakulikuler yang mencakup tugas-tugas keguruan. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus – 12 September 2015. Kegiatan ini memiliki beberapa tahap yang harus dijalani. Mulai tahap pertama penerjunan oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), observasi sekolah dan kegiatan pembelajaran, pembekalan melalui microteaching, hinga praktik mengajar langsung di SMK N 2 Depok Sleman Jurusan Teknik Otomasi Industri (TOI). Dalam pelaksanaan praktik mengajar ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya berupa administrasi guru, silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta evaluasi pembelajran. Dengan menyiapkan hal –hal tersebut mahasiswa memperoleh pengalaman kegiatan pra mengajar. Pada jurusan Teknik Otomasi Industri (TOI) mahasiswa praktikan mengampu 1 mata pelajaran untuk satu kelas, yaitu Sistem Kontrol Terprogran Kelas XII. Selama melaksanakan PPL tersebut mahasiswa praktikan mengajar sebanyak 10 kali pertemuan. Tugas seorang guru tidak hanya pada lingkup kegiatan belajar mengajar (KBM) namun juga pada kegiatan pendukung KBM yang berada disekolah dan jurusan. Oleh karena itu mahasiswa praktikan bersama dengan guru jurusan juga melaksanakan kegiatan pendukung berupa mengajar ekstrakulikuler mobile robotic dan mechatronics, pembuatan papan nama jurusan dan visi misi jurusan, serta pembuatan proyek jurusan berupa media pembelajaran. Pelaksanaan program PPL di SMK N 2 Depok Sleman berjalan dengan baik meski terdapat beberapa hambatan. Selama kegiatan PPL praktikan menggunakan kurikulum 2013 sebagai panduan mengajar. Selama pembelajaran praktikan menggunakan pendekatan saintifik dan problem base learning dengan model group investigation.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Kurikulum 2013, Teknik Otomasi Industri, Sistem Kontrol Terprogram, problem base learning, group investigation
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 01:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36793

Actions (login required)

View Item View Item