KEEFEKTIFAN MEDIA BERITA KEMANUSIAAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIII MTS MIFTAHUSSALAM 1 DEMAK

Saadah, Muharraomatus (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA BERITA KEMANUSIAAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA SATU BABAK SISWA KELAS VIII MTS MIFTAHUSSALAM 1 DEMAK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI__Muharromatus Saadah__12201241019.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan kemampuan menulis teks drama satu babak siswa kelas VIII di MTs Miftahussalam 1 Demak antara kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan media berita kemanusiaan dan tanpa menggunakan media berita kemanusiaan. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan media teks kemanusiaan dalam pembelajaran menulis teks drama satu babak di MTs Miftahussalam 1 Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Miftahussalam 1 Demak. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian ditetapkan bahwa kelas VIII B sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII C sebagi kelas eksperimen dengan jumlah tiap kelas 34 siswa. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgment. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis teks drama satu babak pada kelompok eksperimen yang menggunakan media berita kemanusiaan dan pada kelompok kontrol yang tidak menggunakan media berita kemanusiaan; (2) media teks kemanusiaan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks drama satu babak. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perbandingan uji-t sampel berhubungan dan gain score kelompok eksperimen. Hasil penghitungan uji-t data prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh nilai t hitung sebesar -18,302 dengan db 33 dan nilai p sebesar 0.000 (p < 0.05). Hasil uji-t pada pretest dan posttest kelompok kontrol diperoleh thitung (th) -8,071 dengan db 33 diperoleh nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari 0,050 (p<0,050). Nilai rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 11,41, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol hanya mengalami kenaikan sebesar 5,24.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36783

Actions (login required)

View Item View Item