PELAKSANAAN PROGAM 7K DI SD NEGERI KRAPYAK ARGOREJO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL

Prasista Novalinda (2016) PELAKSANAAN PROGAM 7K DI SD NEGERI KRAPYAK ARGOREJO KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img] Text
full skripsi.docx

Download (5MB)

Abstract

Dalam rangka mempersiapkan siswa didik untuk memenangkan kompetisi di era globalisasi saat ini, institusi pendidikan seperti Sekolah Dasar merasa perlu untuk membekali siswanya, khususnya dalam hal ketrampilan hidup. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menciptakan lingkungan belajar mengajar yang optimal melalui program 7K (Keamanan, Kebersihan, Keimanan, Kekeluargaan, Kerindangan, Kerapian dan Keindahan). Dengan program 7K diharapkan siswa dapat lebih memahami, menghargai dan mematuhi peraturan di lingkungan dimana siswa tersebut berinteraksi. Sekolah Dasar Negeri (SDN) Krapyak Argorejo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul merupakan salah satu SDN yang menerapkan program 7K tersebut. Namun demikian, sampai saat ini belum banyak diketahui mengenai pelaksanaan program 7K tersebut khususnya di SDN Krapyak Argorejo. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program 7K di SDN Krapyak Argorejo serta persepsi (kesadaran dan pemahaman) siswa kelas V dan VI terhadap program 7K tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dan VI SD Negeri Krapyak Argorejo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul dengan jumlah siswa 59 siswa. Sample dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari anggota populasi, sehingga peneliti ini adalah peneliti populasi. Instrumen yang digunakan berupa angket, dengan uji validitas instrument menggunakan rumus Product Moment dari Kurl Preson serta uji Reliabilitas instrument menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk presentase. Dari hasil studi ini ditemukan bahwa SDN Krapyak Argorejo telah menerapkan program 7K dengan baik khususnya untuk sarana dan prasarana pendukung belajar mengajar. Hal ini ditandai dengan fasilitas sekolah seperti ruangan kelas, kantor, perpustakaan, lab komputer, koperasi dan kantin yang tertata cukup baik, rapi, bersih dan tertib sehingga layak untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah ini. Selain itu, sarana dan prasarana diluar kelas seperti halaman sekolah sudah cukup mendukung kegiatan belajar mengajar di SDN Krapyak Argorejo. Namun demikian, dari sisi siswa sebagai penerima program 7K, studi ini menemukan bahwa siswa belum optimal dalam melaksanakan program ini. Hal ini dipengaruhi oleh kesadaran dan pemahaman siswa yang belum maksimal terhadap program ini. Sebagai contoh, siswa masih belum sepenuhnya mengerti tentang bagaimana merawat tanaman hias dengan baik khususnya yang berada di depan kelas mereka. Namun demikian, walaupun belum maksimal, studi ini menyimpulkan bahwa secara keseluruhan siswa SDN Krapyak Argorejo sudah cukup baik dalam melaksanakan program 7K di sekolah mereka. Untuk itu, studi ini menyarankan bahwa program 7K perlu dikenalkan sejak kelas 1 secara terus menerus sampai kelas VI agar dapat menarik perhatian siswa terhadap program 7K sehingga mereka akan memiliki kesadaran dan pemahaman yang cukup akan pentingnya program 7K di sekolah mereka. Hal ini diharapkan akan mendukung proses belajar mengajar di sekolah tersebut dan juga akan membekali siswa dengan ketrampilan hidup yang cukup untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, 7K (Keamanan, Kebersihan, Keimanan, Kekeluargaan, Kerindangan, Kerapian dan Keindahan), di Sekolah Dasar.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:03
Last Modified: 30 Jan 2019 09:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36776

Actions (login required)

View Item View Item