LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP N 1 SLEMAN

Wulan Ambar Pratiwi, Wulan Ambar Pratiwi (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI SMP N 1 SLEMAN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
P.IPA_12315244017_Wulan Ambar Pratiwi.PDF

Download (25MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di instansi/lembaga dilaksanakan dalam rangka pengembangan sumber daya manusia dalam bidang kependidikan (in service training). Dengan keterpaduan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pembentukan kompetensi bagi mahasiswa dalam rangka mempersiapkan diri lebih dini untuk menjadi tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan-kegiatan PPL dapat melengkapi pemberdayaan diri mahasiswa dalam menuju kompetensi profesionalisme. Dengan kegiatan-kegiatan PPL diharapkan mahasiswa mampu mengabdikan diri di lingkungan lembaga/satuan pendidikan dengan bermodalkan ilmu yang diperoleh dari perkuliahan. kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2015 sampai tanggal 12 September 2015. Selama kegiatan PPL berlangsung terdapat hal-hal positif dan negatif yang didapatkan, hal-hal positif tersebut diantarannya yaitu mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman bekerja di lapangan, pelatihan diri untuk bekerja sama dalam kelompok. Sedangkan hal-hal negatifnya adalah kurang optimalnya pelaksanaan program kerja terkait dengan waktu pelaksanaan dan koordinasi dengan pihak sekolah. Adapun kegiatan PPL yang telah dilaksanakan meliputi kegiatan profesional yang terdiri dari observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat KBM berlangsung dan pembuatan perangkat pembelajaran yaitu membuat silabus, rencana pembelajaran, soal ulangan harian, dan format penilaian. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dapat dilaksanakan dengan baik dan dapat memenuhi target frekuensi mengajar yang telah ditetapkan, yaitu minimal 4 kali pertemuan. Dalam hal ini, mahasiswa praktikan telah mencapai 13 kali pertemuan. Kegiatan praktik mengajar dilakukan di kelas VII G dan VII F. Tema materi yang diajarkan pada kelas VII G dan F adalah “Objek IPA dan Pengamatanya serta Klasifikasi Benda”. Pada kesempatan PPL ini praktikan juga memiliki kesempatan dalam membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, dan berbagai macam perangkat pembelajaran. Saran untuk keberhasilan PPL dari mahasiswa praktikan yaitu peningkatan kemitraan dan komunikasi yang baik antara pihak universitas, sekolah, dan mahasiswa praktikan itu sendiri demi kemajuan dan keberhasilan pelaksanaan PPL serta demi kemajuan dan keberhasilan sekolah. Untuk lebih menunjang proses dan kegiatan belajar mengajar, pihak sekolah hendaknya terus meningkatkan kualitas dari sarana dan prasarana yang telah tersedia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, IPA, SMP N 1 Sleman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Jul 2016 00:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36770

Actions (login required)

View Item View Item