TRANSFORMASI NILAI DAN SIKAP DALAM BERINTERAKSI SOSIAL MELALUI KAMPUNG RAMAH ANAK DI RW 09 BADRAN, BUMIJO, JETIS, YOGYAKARTA

Ayu Tri Yuniar, Ayu (2016) TRANSFORMASI NILAI DAN SIKAP DALAM BERINTERAKSI SOSIAL MELALUI KAMPUNG RAMAH ANAK DI RW 09 BADRAN, BUMIJO, JETIS, YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Ayu Tri Yuniar_12102241044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk kegiatan dalam program kampung ramah anak yang bisa meningkatkan kemampuan berinteraksi soial, (2) transformasi nilai dan sikap dalam berinteraksi sosial melalui kampung ramah anak RW 09 Badran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif. Setting penelitian yaitu kegiatan dalam program kampung ramah anak yang dilaksanakan di RW 09 Badran. Subjek dalam penelitian ini adalah pengelola, anak – anak, dan tokoh masyarakat. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi, display, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai narasumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk kegiatan dalam program kampung ramah anak meliputi a) penyelenggaraan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan kegiatan dan monitoring evaluasi, b) kegiatan yang dilaksanakan meliputi plangisasi (himbauan), jam belajar masyarakat, taman pendidikan alquran, pendidikan anak usia dini, taman bacaan masyarakat, bina keluarga remaja, bina keluarga balita, seni tari dan olahraga, dan bimbingan belajar, (2) Transformasi nilai dan sikap dalam berinteraksi sosial meliputi a) transformasi nilai terjadi dari orang dewasa (pendidik) kepada anak – anak, dari kelompok kepada individu, dan dari individu ke individu yang lain yang terlibat dalam kegiatan. b) nilai dan sikap yang ditransformasikan berupa nilai kedisiplinan, keberanian, rasa percaya diri, saling menghargai, dan kerjasama, c) transformasi nilai dan sikap dalam setiap kegiatan terjadi melalui beberapa tahap yaitu imitasi, identifikasi, dan sosialisasi. Kata kunci: Interaksi Sosial, Transformasi Nilai dan Sikap, Kampung Ramah Anak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 19 Jul 2016 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 09:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36758

Actions (login required)

View Item View Item