PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA KELAS XI OLAH RAGA DI SMA NEGERI 5 KOTA MAGELANG

Nugroho Indriyanto, Adi (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA KELAS XI OLAH RAGA DI SMA NEGERI 5 KOTA MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ADI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama pada kelas XI olah raga di SMA Negeri 5 Kota Magelang. Pembelajaran ditinjau dari komponen pembelajaran yang terdiri dari tujuan, strategi, materi, media dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI olah raga di SMA Negeri 5 Kota Magelang. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama kelas XI olah raga di SMA Negeri 5 Kota Magelang, serta dokumen-dokumen lain yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama. Teknik pengumpulan data peneliti ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan display data, pembahasan, serta penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis naskah drama kelas XI olah raga di SMA Negeri 5 Kota Magelang: Pertama, pelaksanaan pembelajaran telah berjalan baik. Kedua, tujuan pembelajaran adalah siswa mampu menulis naskah drama berdasarkan pengalaman yang menarik. Ketiga, strategi dan metode yang digunakan guru adalah peta konsep. Keempat, materi pembelajaran yang digunakan adalah pengalaman pribadi ditambah dengan materi lain yang mendukung. Kelima, media yang digunakan adalah slide presentasi, papan tulis, buku ajar, dan KBBI. Keenam, evaluasi yang dilaksanakan guru dengan memberi soal kepada siswa kemudian hasil kerja siswa diolah sesuai dengan pedoman penilaian yang dibuat guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36754

Actions (login required)

View Item View Item