KEEFEKTIFAN STRATEGI WEBBING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN

Alfiana Dewi, Pangastuti (2016) KEEFEKTIFAN STRATEGI WEBBING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NGEMPLAK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI PANGASTUTI ALFIANA DEWIf.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Webbing dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi konvensional, (2) menguji keefektifan strategi Webbing dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh kelas XA sebagai kelompok eksperimen dan kelas XB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes yaitu pretest dan posttest menulis cerpen. Instrumen penelitian adalah tes menulis cerpen. Uji validitas instrumen dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahli (expert judgment). Uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan rumus koefisien alpha cronbach. Hasil penghitungan menunjukkan nilai reliabilitas 0,681 yang lebih besar daripada nilai koefisien 0,6. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t dan gain score. Uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Webbing dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi konvensional. Perbedaan tersebut dilihat dari hasil uji-t posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh thitung - 5,481 dengan df 61 dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p < 0,05). Kedua, strategi Webbing efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak Sleman, dibuktikan dengan hasil uji-t pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh thitung -13,948 dengan df 31 dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p < 0,05). Gain skor kelompok eksperimen sebesar 7,25 lebih besar dibandingkan gain skor kelompok kontrol sebesar 2,97.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36753

Actions (login required)

View Item View Item