Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Smp Materi Statistika Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kompetensi Sikap, Kompetensi Pengetahuan Dan Komptensi Keterampilan Siswa

Mahmudah, Choirul (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Smp Materi Statistika Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kompetensi Sikap, Kompetensi Pengetahuan Dan Komptensi Keterampilan Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-choirul-mahmudh-14709259014.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP materi statistika dengan pendekatan saintifik, meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) mengembangkan produk awal, (4) validasi ahli, (5) revisi produk awal, (6) uji coba terbatas, (7) revisi produk uji coba terbatas, (8) uji coba lapangan, (9) revisi produk akhir, (10) desiminasi. Subjek uji coba penelitian yaitu enam orang siswa kelas IX, 27 siswa kelas VIIA, 29 siswa kelas VIID, tiga orang guru SMP N 1 Tulang Bawang Udik. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa,lembar keterbacaan, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, dan instrumen kefektifan perangkat pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan mengonversi total skor data kuantitatif yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP materi statistika dengan pendekatan saintifik meliputi RPP dan LKS yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa produk mencapai kriteria sangat valid. Hasil pengisian angket penilaian kepraktisan oleh guru menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria sangat praktis. Hasil pengisian angket penilaian kepraktisan oleh siswa kelas VIIA dan kelas VIID menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria sangat praktis. Hasil pengisian angket keterbacaan siswa kelas VIIA dan kelas VIID mencapai kategori sangat jelas. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran kelasVIIA menunjukkan persentase minimal keterlaksanaan pembelajaran adalah 82% dan maksimal adalah 100%. Hasil keterlaksanaan kelas VIID menunjukkan persentase minimal keterlaksanaan pembelajaran adalah 84% dan maksimal adalah 100%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriterian praktis. Kriteria keefektifan berdasarkan hasil belajar siswa pada aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Persentase siswa kelas VIIA dan kelas VIID yang mencapai KKM untuk aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan melebihi 75%. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria efektif. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memenuhi kriteria: valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, statistika, pendekatan saintifik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jul 2016 03:33
Last Modified: 09 May 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36711

Actions (login required)

View Item View Item