Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Model Project Citizen terhadap Sikap Nasionalisme dan Partisipasi Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Susanti, Rini Puji (2016) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Model Project Citizen terhadap Sikap Nasionalisme dan Partisipasi Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rini-puji-susanti-14730251022.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan model Project Citizen terhadap: (1) sikap nasionalisme dan (2) partisipasi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada bulan Februari-Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) semester genap di Universitas Muhammadiyah Purwokerto yang terdiri dari sembilan program studi. Sampel penelitian ini adalah 22 mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi sebagai kelas eksperimen dan 15 mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Uji t pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Ada pengaruh signifikan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan model Project Citizen terhadap sikap nasionalisme di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Hal ini ditunjukkan dari nilai p lebih kecil dari 0,05 (p= 0,000 < 0,05). Gain score pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Citizen sebesar 0,33 dalam kategori efektivitas sedang. Sementara gain score pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran debat sebesar 0,17 dalam kategori efektivitas rendah. 2) Ada pengaruh signifikan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan model Project Citizen terhadap partisipasi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Hal ini ditunjukkan dari nilai p lebih kecil dari 0,05 (p= 0,001 < 0,05). Gain score pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Project Citizen sebesar 0,19 dalam kategori efektivitas rendah. Gain score pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran debat sebesar 0,10 dalam kategori efektivitas rendah

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: project citizen, sikap nasionalisme, partisipasi, pendidikan kewarganegaraan
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jul 2016 03:22
Last Modified: 09 May 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36704

Actions (login required)

View Item View Item