Keefektifan Pembelajaran IPA Berbasis Project-Based Learning Melalui e-Learning untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Membekali ICT Literacy Peserta Didik SMP di Kota Singkawang

Eliana, Endang Duwi Siti (2016) Keefektifan Pembelajaran IPA Berbasis Project-Based Learning Melalui e-Learning untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Membekali ICT Literacy Peserta Didik SMP di Kota Singkawang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-endang-duwi-siti-eliana-14708259024.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis keefektifan pembelajaran IPA berbasis project-based learning melalui e-learning untuk meningkatkan scientific literacy peserta didik kelas VII SMP, dan 2) menganalisis keefektifan pembelajaran IPA berbasis project-based learning melalui e-learning untuk membekali ICT literacy peserta didik kelas VII SMP di kota Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pre-and posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh SMP pilot project implementasi kurikulum 2013 di kota Singkawang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling yaitu menentukan tiga dari empat sekolah yang mewakili sekolah dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan skor UN 2015, yaitu SMPN 1 Singkawang, SMPN 3 Singkawang, dan SMPN 7 Singkawang. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan teknik cluster random di setiap kategori sekolah. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran berbasis project-based learning melalui e-learning dan kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional yaitu pembelajaran discovery learning. Instrumen yang digunakan telah dinyatakan valid dan reliabel yang meliputi soal tes scientific literacy, lembar observasi ketebekalan ICT literacy, dan angket keterbekalan ICT literacy. Kriteria keefektifan pembelajaran berbasis project-based melalui e-learning untuk meningkatkan scientific literacy berdasarkan hasil uji hipotesis gain skor scientific literacy serta efektif untuk membekali ICT literacy berdasarkan skor keterbekalan ICT literacy berada diatas M + 0,5 SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pembelajaran IPA berbasis project-based learning melalui e-learning efektif untuk meningkatkan scientific literacy peserta didik kelas VII SMP kategori tinggi, sedang maupun rendah di kota Singkawang; dan 2) pembelajaran IPA berbasis project-based learning melalui e-learning efektif untuk membekali ICT literacy peserta didik kelas VII SMP kategori tinggi, sedang, maupun rendah di kota Singkawang

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Project-based learning,e-learning, scientific literacy, ICT literacy
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jul 2016 03:08
Last Modified: 09 May 2019 07:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36698

Actions (login required)

View Item View Item