TATA RUANG SEKOLAH BERWAWASAN ADIWIYATA DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

Imam, Khoirul (2016) TATA RUANG SEKOLAH BERWAWASAN ADIWIYATA DI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Seni Rupa FBS.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHOIRUL IMAM.PDF

Download (37MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tata ruang sekolah berwawasan Adiwiyata di SMP Negeri 4 Yogyakarta pada bangunan dan lingkungan luar ruang yang dilihat dari elemen pembentuk dan pengisi ruang, sistem penataan dan pengkondisian ruang, elemen estetis, dan kesesuaiannya terhadap standar dan komponen utama program Adiwiyata. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan objek penelitian SMP Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian lebih difokuskan pada permasalahan mengenai kondisi dan pengelolaan ruang beserta sarana prasarana yang sesuai dengan program Adiwiyata. Data diperoleh dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan lewat reduksi dan penyajian data sebelum dilakukan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Uji triangulasi sumber data dilakukan untuk mengetahui keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tata ruang berwawasan Adiwiyata yang diterapkan di SMP Negeri 4 Yogyakarta adalah sebagai berikut: (1) Pengelolaan ruang, bangunan dan tata lingkungan dilakukan dengan menambah ruang untuk melengkapi sarana prasarana dan tidak mengubah struktur bangunan karena merupakan salah satu Bangunan Cagar Budaya di DIY. (2) Elemen pembentuk dan pengisi ruang disesuaikan dengan ketentuan program Adiwiyata dengan penggunaan bahan ramah lingkungan pada perabot dan partisi ruang. (3) Sistem penataan ruang (zoning, sirkulasi, tata letak) pada bangunan sekolah dikelompokkan sesuai dengan jenis, fungsi dan kebutuhan pengguna serta arus gerak kegiatan. (4) Sistem tata kondisi ruang menggunakan pencahayaan dan penghawaan alami dan penanaman pohon peneduh serta sistem akustik melalui penggunaan material penyerap bunyi,(5) Tersedianya sarana prasarana pendukung ramah lingkungan seperti: ruang terbuka hijau, air bersih dan pengelolaan sampah. Program Adiwiyata di SMP Negeri 4 Yogyakarta 85% telah terlaksana sesuai standar program yang ditetapkan, namun belum bisa dikategorikan sebagai bangunan Green Architecture berdasarkan standar IGEM dan GREENSHIP karena belum ada kelengkapan dokumen dan uji laboratorium mengenai kadar kelembaban udara, intensitas kandungan CO2, kualitas air serta tingkat kebisingan di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 25 Jul 2016 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 09:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36693

Actions (login required)

View Item View Item