PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA INDIKATOR ASAM-BASA BAHAN ALAM (IABBA) UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER 2

LUSIA , , PRIHATIN (2010) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA INDIKATOR ASAM-BASA BAHAN ALAM (IABBA) UNTUK SISWA SMA KELAS XI SEMESTER 2. S1 thesis, UNY.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian penl;embangan yang betrtujuan menghasilkan media pembelajaran berupa indikator asam - basa bahan alam (IABBA) untuk siswa SMA kelas XI setnester 2 dan meneliti kualitas media tersebut berdasarkan penilaian 5 guru kimia sebagai reviewer. Model pcngentban-an yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pengembangan dimulai dengan cara menguntpulkan referensi tentang- IABBA sampai uji laboratorium. Hasil penelitian ditulis dalam media cetak. Instrumen yang dTunakan terdiri dari 5 kriteria, yaitu kebenaran konsep, kepraktisan dan keluwesan, efsiensi waktu, manfaat, dan penampilan fisik. Guru kimia scbagai rcviewer menilai IABBA berdasar kriteria tersebut berikut penjabarannva. Hasil penelitian ini adalah telah berhasil dikembangkan IABBA dan dapal diketahui kualitasnya. Skor indikator secang, kunyit, purinb, pacar air, Rhoeo discolor, Cemulawak, cemondelan, soka, bougenvil, bump sepatu, dan kamboja berturut-turut sehesar 62,6; 6-5; 6;,6; 62,2; 62,4; 62,4; 62,4; 64,8; 66; 60,4; dan 64,8. Kesebelas IABBA tersebut memperoleh kualitas B (baik).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Aug 2012 05:51
Last Modified: 29 Jan 2019 15:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item