LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 3 PAKEM

Dyta Prasetyo Wahyu T.P.P, Dyta Prasetyo Wahyu T.P.P (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 3 PAKEM. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (915kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan wahana bagi mahasiswa untuk melatih diri dan menambah pengalaman dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan diharapkan dengan PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai tenaga kependidikan yang profesional. Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat pelaksanaan program PPL pada semester khusus tahun 2015 ini adalah di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMP Negeri 3 Pakem khususnya seluruh siswa siswi SMP Negeri 3 Pakem. Kegiatan PPL ini dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus s.d. 12 September 2014. Sedangkan mata pelajaran yang diampu penyusun adalah mata pelajaran Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia. Selama PPL penyususn mengampu 3 kelas setiap minggunya yaitu kelas 8A, 8D, dan kelas 7D, adapun jumlah pertemuanya setiap mingu sebanyak tiga kali setiap kelas jadi sebanyak 15 jam pelajaran. Selain program mengajar kami juga melaksanakan program kerja non mengajar diantaranya adalah mengikuti guru piket, ikut menjaga perpustakaan, pendampingan pengembangan diri, pendampingan pramuka, pendampingan latihan upacara, lomba kebersihan, Jum’at bersih, Jum’at sehat serta membudayakan 3S (Senyum, Sapa, Salam) melalui jabat tangan setiap pagi sebelum masuk kelas yang diikuti seluruh siswa, guru, serta mahasiswa yang PPL di SMP N 3 Pakem. Kurang lebih satu bulan di sekolah, mahasiswa praktik lapangan memperoleh pengalaman yang belum pernah diperolah di bangku perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas, tindakan kelas, baik saat teori maupun praktikum. Dalam pelaksanaan program tersebut, tidak pernah lepas dari hambatan-hambatan. Akan tetapi, dengan adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan dan guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim dan berkat kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL UNY, Program Mengajar, Program Non Mengajar , SMP Negeri 3 Pakem.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jul 2016 08:56
Last Modified: 01 Oct 2019 11:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36658

Actions (login required)

View Item View Item