Pengaruh Kebijakan Ujian Nasional (UN) Sistem Computer-Based Test (CBT) Terhadap Kesiapan Kognitif dan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Matematika Siswa SMA se-DIY

Sulistyaningsih:, Eny (2016) Pengaruh Kebijakan Ujian Nasional (UN) Sistem Computer-Based Test (CBT) Terhadap Kesiapan Kognitif dan Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional Matematika Siswa SMA se-DIY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eny-sulistyaningsih-14709251086.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh kebijakan ujian nasional sistem Computer-Based Test (CBT) serta Paper-Based Test (PBT) terhadap kesiapan kognitif dan kecemasan siswa menghadapi ujian nasional matematika siswa SMA se-DIY, (2) mengetahui pengaruh jurusan terhadap kesiapan kognitif dan kecemasan menghadapi ujian nasional matematika siswa SMA se-DIY, (3) mengetahui interaksi ujian nasional CBT dan PBT dengan jurusan IPA dan IPS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan metode ex- post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas XII jurusan IPA dan IPS di Provinsi DIY. Teknik pengambilan sampel menggunakan gabungan stratified random sampling (teknik sampling strata), purpossive random sampling (teknik sampling dengan tujuan), dan cluster random sampling (teknik sampling kelompok). Sampel penelitian ini adalah beberapa siswa kelas XII jurusan IPA dan IPS dari sekolah baik, cukup, dan kurang yang melaksanakan ujian nasional sistem CBT dan PBT. Sampel yang digunakan sebanyak 654 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengukur kesiapan kognitif dan angket untuk mengukur kecemasan siswa menghadapi ujian nasional CBT dan PBT. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis Manova dua jalur (Two-ways Manova), korelasi, dan anaisis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh sistem ujian nasional CBT dan PBT terhadap kesiapan kognitif dan kecemasan menghadapi ujian nasional matematika; ujian nasional CBT dan PBT tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan kognitif siswa dalam menghadapi ujian nasional; terdapat pengaruh ujian nasional CBT dan PBT terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional; rata-rata skor kecemasan siswa menghadapi ujian nasional CBT lebih tinggi dari siswa yang menghadapi ujian nasional PBT; (2) Tidak terdapat pengaruh jurusan terhadap kesiapan kognitif dan kecemasan menghadapi ujian nasional matematika; dan (3) Tidak terdapat interaksi jenis ujian nasional dan jurusan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: ujian nasional, CBT, PBT, kesiapan kognitif, kecemasan
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Jul 2016 07:02
Last Modified: 09 May 2019 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36649

Actions (login required)

View Item View Item