LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016

Kartina Purnamasari, Kartina Purnamasari (2015) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGAJARAN LAPANGAN (PPL) SEMESTER KHUSUS TAHUN 2015/2016. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU.pdf

Download (819kB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program yang terintegrasi untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa program pendidikan sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan di SMP N 2 Ngaglik yang beralamat di Jalan Kaliurang 11, Gentan, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, DIY. Pelakasanaan Praktik Pengalaman Lapangan berlangsung dari tanggal 10 Agustus 2015 sampai 12 September 2015. Program PPL mengajar terbimbing dilaksanakan sebanyak 8 kali masuk kelas, yaitu 4 kali mengajar terbimbing di kelas 7A dan 4 kali mengajar terbimbing di kelas 7D. Praktik mengajar terbimbing ini meliputi pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, persiapan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi Micro Teaching, pembekalan PPL, dan observasi sekolah. Tahap pelaksanaan meliputi penyusunan RPP, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan media, praktik mengajar terbimbing, dan konsultasi dengan dosen pembimbing lapangan. Tahap analisis hasil berisi hasil, hambatan, solusi, dan refleksi. Pendekatan/model/metode pembelajaran yang dilakukan antara lain: Ekspositori, Ceramah interaktif, Diskusi, Pemberian Tugas, Guided Discovery, dan Contextual Teaching Learning (CTL) Pada pelaksanaan program PPL di SMP N 2 Ngaglik berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala yang dihadapi, semua mampu teratasi karena kerjasama yang baik antara mahasiswa PPL dan pihak sekolah. Dukungan dari berbagai pihak terutama pihak sekolah sendiri sangat membantu kelancaran pelaksanaan program PPL di sekolah tersebut. Setelah kegiatan PPL selesai, praktikan mendapatkan banyak pengalaman nyata dan pemahaman bahwa menjadi seorang guru bukanlah pekerjaan yang mudah, perlu ketekunan dan kesabaran tinggi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Praktik Mengajar Terbimbing
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Jul 2016 06:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36647

Actions (login required)

View Item View Item